10 Candi Paling Mewah di Dunia

10 Candi Paling Mewah di Dunia. Kata "candi" mengacu pada berbagai macam bentuk dan fungsi bangunan, antara lain empat beribadah, pusat pengajaran agama, tempat menyimpan abu jenazah para raja, tempat pemujaan atau tempat bersemayam dewa, petirtaan (pemandian) dan gapura. Walaupun fungsinya bermacam-macam, secara umum fungsi candi tidak dapat dilepaskan dari kegiatan keagamaan, khususnya agama Hindu dan Buddha, pada masa yang lalu. Candi juga memuat beberapa bangunan peninggalan sejarah kuno yang juga memiliki nilai keindahan yang mempesona mata yang melihatnya. Berikut ini 10 Candi Paling Mewah di Dunia:

1. Tiger's Nest Monastery, Bhutan

Tiger's Nest Monastery (Kuil Pendaki), juga dikenal sebagai Taktshang Goemba, salah satu tempat paling suci di Bhutan. Dia dibangun pada 1692, berlokasi menempel dinding tebing di barisan pengunungan Paro dengan ketinggian 3.000 kaki. Menurut legenda, Guru Rinpoche yang dikatakan sebagai Buddha (Sang Sadar) kedua, terbang ke tempat ini dengan mengendarai macan dan bermeditasi ditempat ini.

2. Wat Rong Khun Chiang Mai, Thailand

Bangunan megah dan indah ini karya seniman bernama Chalermchai Kositpipat. Menurutnya, kuil ini ia buat sebagai simbol kesucian dan perdamaian. Karenanya, warnanya bukan warna emas seperti kuil pada umumnya di Thailand, tapi ia buat dengan warna putih polos seperti sedang ditumpuki salju.

3. Candi Prambanan, Indonesia

Candi Prambanan adalah kompleks Candi Hindu terbesar dan paling indah di Indonesia. Terletak sekitar 18 km sebelah timur Yogyakarta. Candi Prambanan memiliki tiga candi utama yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu, Brahma, dan Syiwa dan dibangun sekitar tahun 850 oleh Kerajaan Mataram Kuno.

4. Shwedagon Paya (or Pagoda), Myanmar

Ini merupakan pagoda paling suci di Burma. Di dalamnya diabadikan empat peninggalan Budha, termasuk delapan helai rambut Gautama. Tak ada yang tahu kapan kepastian waktu pembangunan pagoda ini. Masyarakat sekitar memperkirakannya sekitar 2500 tahun lalu. Namun, para arkeolog menyimpulkan pagoda itu dibangun antara abad ke-6 sampai ke-10.

5. Kuil surga di Beijing, China

Temple of Heaven (Tiantan atau Kuil Surga) merupakan kompleks kuil Taoist seluas 2,73 km², yang berlokasi di tenggara kota Beijing. Bangunan utamanya adalah The Hall of Prayer for Good Harvests. Kuil ini dipergunakan oleh para kaisar dari dinasti Ming dan Qing untuk upacara tahunan agar mendapat hasil panen yang bagus. Kuil ini dibangun pada 1406 sampai 1420 oleh kaisar Yongle, dan sempat direnovasi oleh kaisar Qianlong pada abad ke 18. The Hall of Prayer for Good Harvests berbentuk bulat dengan atap bersusun tiga. Bangunan berdiameter 32 meter dengan tinggi 38 meter. Kuil tersebut dibuat sepenuhnya dari kayu tanpa sepucuk paku pun. Bangunan ini ditetapkan sebagai UNESCO World Heritage Site pada tahun 1998.

6. Kuil Chion, Jepang

Kuil Chion berlokasi di Kyoto, Jepang, dan dibangun pada tahun 1234. Kuil Chion memiliki lonceng terbesar dan memiliki berat 74 ton. Membutuhkan 17 biksu untuk membunyikannya.

7. Borobudur, magelang Indonesia

Pada abad ke-19, penjajah Belanda menemukan reruntuhan kuno besar di dalam hutan di Jawa yang kemudian kini dikenal dengan Candi Borobudur. Bangunan raksasa yang sempat menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini dibangun dengan hampir 2 juta kaki kubik batu. Di dalamnya terdapat 2.700 panel relief dan 504 patung Budha. Konon, dalam hikayatnya, candi ini dibangun tanpa menggunakan semen, tapi hanya susunan bebatuan.

8. kuil emas, Amritsar, Punjab, india

Kuil Emas berlokasi di Punjab, India. Kuil ini dibangun sekitar 1500 Masehi. Dikatakan ada lebih dari satu Buddha yang pernah bermeditasi di sini, termasuk diantaranya pendiri agama Sikh, Guru Nanak. Seluruh bangunan kuil terbuat dari batu pualam dengan bagian atasnya terbuat dari emas, dengan bertahtakan batu mulia yang melambangkan bintang-bintang.

9. Sri Ranganathaswamy, india

Didedikasikan untuk Dewa Ranganatha (salah satu bentuk Dewa Wisnu), Sri Ranganathaswamy di Srirangam, India adalah sebuah kuil penting yang menerima jutaan pengunjung dan peziarah setiap tahun. Dengan luas 156 hektar, Sri Ranganathaswamy adalah salah satu kompleks keagamaan terbesar di dunia.

10. Ankor Wat, kamboja

Angkor Wat yang dalam bahasa Indonesia berarti “Kota Kuil”, adalah sebuah kompleks kuil yang luas di Kamboja yang menampilkan sisa-sisa kemegahan ibukota dari kerajaan Khmer, dari abad 9 hingga abad ke-15 Masehi. Di dalam kompleks ini terdapat Kuil Angkor Wat yang terkenal, monumen tunggal keagamaan terbesar di dunia, dan kuil Bayon di Angkor Thom dengan banyaknya permukaan batu besar. Selama sejarahnya yang panjang, Angkor mengalami beberapa kali perubahan untuk mengkonversi agama Hindu menjadi Buddhisme.
Tag : Asal Tau
Back To Top